Kursi Roda Untuk Anggi, Suku Anak Dalam Penyandang Disabilitas - Pundi Sumatra
Kursi Roda Untuk Anggi, Suku Anak Dalam Penyandang Disabilitas

Kursi Roda Untuk Anggi, Suku Anak Dalam Penyandang Disabilitas

Upaya advokasi dalam mengakses bantuan kursi roda bagi Anggi Aprilia (4) sudah dilakukan Pundi Sumatra sejak tahun 2022 lalu. Gadis cilik pasangan Asat dan Bongkok tersebut mengalami lumpuh sejak panas tinggi yang Anggi alami pada awal tahun 2021 sehingga menyebabkan serangan kejang demam dan step beberapa kali.

Anggi terlahir normal, ceria, dan tumbuh sehat sebelum mengalami panas tinggi tersebut. Saat pertama kali serangan kejang tersebut, hampir satu bulan lamanya Anggi dirawat di RS Hanafi kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Dokter mendiagnosa Anggi mengalami infeksi otak yang bisa saja disebabkan oleh mikroorganisme. Selama di rumah sakit, Anggi hanya tergolek dan anggota tubuhnya perlahan mulai mengalami kaku serta sulit digerakan. Sejak itulah Anggi mengalami mulai lumpuh dan Bongkok harus menggendong gadis manis itu kemanapun ia pergi.

Semua pengobatan tradisional telah ditempuh oleh Asat dan Bongkok untuk mengembalikan kondisi Anggi, namun hingga saat ini ikhtiar tersebut belum menunjukan perubahan yang signifikan.

Selain mendampingi proses terapi rutin untuk Anggi, Pundi Sumatra juga melakukan upaya advokasi dalam mengakses bantuan alat bagi putri bapak Asat tersebut. Pada awalnya proses pengusulan bantuan alat ini diajukan ke Dinas Sosial Kabupaten Bungo, yang kemudian dilanjutkan dengan pengiriman data ke Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang memerlukan Perlindungan Khusus “Alyatama” Jambi – UPT Kementrian Sosial di Provinsi Jambi.

Setelah menunggu hampir setahun lamanya, pada akhirnya usulan tersebut terealisasi pada Selasa, 8 Agustus lalu. Dinas Sosial Kabupaten Bungo hadir secara langsung untuk menemui Anggi dan keluarganya. Mereka menyerahkan bantuan alat berupa satu unit kursi roda. Bantuan itu tentu saja diterima sukacita oleh Bongkok, ia merasa senang karena Anggi bisa ia letakkan di kursi roda tersebut; apabila ia tengah beraktifitas. Karena selama ini, Anggi hanya bisa terbaring atau harus ia gendong apabila sesekali Bongkok membawanya bermain ke luar rumah.

“kami masih berharap suatu saat Anggi bisa sembuh. Terima kasih pada Bapak samo Ibu dinas yang sudah memberikan kursi roda pada anak kami. Jadi kami idak susah harus menggendongnya setiap waktu, Anggi biso duduk sambil melihat aktifitas di sekelilingnya!” ucap Bongkok usai penandatanganan berkas serah terima bantuan tersebut.

Toto Macau