Kader Suku Anak Dalam melakukan Koordinasi keOPD Terkait - Pundi Sumatra
Kader Suku Anak Dalam melakukan Koordinasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terkait

Kader Suku Anak Dalam melakukan Koordinasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terkait

Selasa, 24 Oktober 2023 lalu dua orang kader Suku Anak dalam (SAD) dari Dwi Karya Bakti kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi ikut dalam kegiatan koordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Bungo. Ia adalah Juliana (18 th) dan Tira (13 th), yang merupakan kader sekaligus pengurus aktif di kelompok usaha mina hasop eluk.

Mina Hasop Eluk adalah kelompok usaha ekonomi ikan asap yang dimiliki oleh komunitas adat di Dwi Karya Bakti. Meski baru berdiri kurang lebih dua tahun, kelompok usaha ini telah mendapatkan perhatian banyak pihak. Untuk meningkatkan kemandirian bagi pengurusnya, pendamping lapangan dari Pundi Sumatra mulai mengajak para pengurus kelompok usaha untuk terlibat dalam berbagai hal, termasuk melakukan koordinasi dan penyebaran proposal kelompok usaha.

Koordinasi kali ini adalah mengunjungi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Bungo. Selain melakukan koordinasi rutin untuk menyampaikan situasi dan perkembangan kelompok, dalam kunjungan tersebut kader membawa 2 berkas usulan proposal untuk pengembangan usaha kelompok dalam bentuk permohonan bantuan peralatan usaha.

Kedatangan kader SAD ke Dekranasda, Bappeda, dan Baznas tersebut diterima dan direspon sangat baik oleh pejabat yang ditemui. Dimana kesempatan bertemu itu dimanfaatkan oleh kader untuk bercerita tentang perkembangan unit usaha ikan asap dan gagasan untuk membuat produk olahan berupa abon ikan. Pasalnya, hasil panen dari kolam pembesaran ikan milik kelompok tersebut cukup banyak dan bisa diproduksi menjadi produk olahan lain selain ikan asap. Akan tetapi dalam rencana tersebut, membutuhkan alat kerja dan perlengkapan dapur yang saat ini belum dimiliki kelompok seperti oven, blender, dan timbangan gantung.

Lain hal dengan maksud tujuan kader ke Baznas Kabupaten Bungo, dimana pada akhir tahun 2022 lalu, Baznas dan Dinas Peternakan Perikanan Kabupaten Bungo telah bersepakat untuk memberikan bantuan bibit serta pakan ikan bagi warga SAD di Pelepat. Karena bantuan dari Disnakkan berupa 2000 ekor bibit ikan nila sudah kelompok terima, kedatangan kader ke Baznas dalam tujuan untuk mengajukan kebutuhan akan pakan untuk melanjutkan proses pembesaran ikan.

Baik Baznas maupun Dekranasda, menanggapi dengan baik permohonan yang kader sampaikan; dan bantuan yang dibutuhkan kelompok akan direalisasikan pada tahun 2024 mendatang. Koordinasi yang tim Pundi Sumatra lakukan ke stakeholders terkait secara sengaja memang senantiasa melibatkan kader-kader SAD untuk ikut serta dalam kunjungan. Upaya ini dilakukan adalah untuk memberikan contoh pada kader tentang bagaimana melakukan koordinasi, berkomunikasi dengan pejabat yang ditemui, sedikit demi sedikit juga menumbuhkan kepercayaan diri mereka untuk menginjakan kaki di kantor-kantor pemerintahan serta berdialog langsung untuk menyampaikan kebutuhan maupun permasalahannya.

Proses ini merupakan tahap yang dilakukan untuk mempersiapkan kemandirian kader dalam melanjutkan estafet koordinasi dengan pemerintah daerah, ketika pendamping kelak sudah tidak ada lagi bersama mereka.

Toto Macau