Juliana, Perempuan SAD Penerima Penghargaan oleh OASE-KIM sebagai Perempuan Berprestasi di Bidang Pendidikan - Pundi Sumatra
Juliana, Perempuan SAD Penerima Penghargaan oleh OASE-KIM sebagai Perempuan Berprestasi di Bidang Pendidikan

Juliana, Perempuan SAD Penerima Penghargaan oleh OASE-KIM sebagai Perempuan Berprestasi di Bidang Pendidikan

Menempuh bangku perguruan tinggi bagi Juliana seperti berjalan atas jalan yang berlubang dan berkerikil – tidak mulus. Ia adalah perempuan pertama dari Suku Anak Dalam Jambi yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi.

“Saat ini masuk semester enam,” tutur gadis perawakan tinggi tersebut. Juliana kini menjadi salah satu panutan bagi adik-adik di komunitasnya, Desa Dwi Karya Bakti Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo. Bila bertanya dengan anak-anak perempuan usia sekolah tentang keinginan meneruskan pendidikan, mereka pasti akan menjawab : “Pengen kuliah kayak Juli, Bu,”.

Teguhnya pendirian Juliana dalam bersekolah membuat OASE-KIM memberikan penghargaan kepadanya sebagai Perempuan Berjasa dan Berprestasi di Bidang Pendidikan. Juliana adalah sosok inspiratif yang telah membuktikan bahwa perempuan suku Anak Dalam memiliki potensi yang luar biasa dan mampu mengatasi berbagai tantangan.

Juliana Menerima Penghargaan. Dok. Pundi Sumatra
OASE-KIM memberikan penghargaan kepada 11 perempuan berjasa dan berprestasi di Provinsi Jambi dalam Perayaan Hari Kartini, termasuk Juliana – perempuan Suku Anak Dalam. Dok. Pundi Sumatra

OASE-KIM (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju) adalah organisasi non profit yang diinisiasi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 bertepatan pada saat pelantikan Kabinet Indonesia Maju.

Program kerja OASE-KIM menitikberatkan pada pengembangan kapasitas masyarakat, membantu membuka akses kepada masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya, serta memberikan apresiasi dan rekognisi bagi warga Indonesia yang telah berkontribusi bagi kemajuan Indonesia. Salah satu kegiatan yang dijalankan oleh organisasi ini adalah Peringatan Hari Kartini dengan memberikan penghargaan kepada perempuan-perempuan berjasa dan berprestasi di masing-masing Provinsi.

Puncak acara Peringatan Hari Kartini tersebut dilaksanakan di Gedung Maulidia Convention Center Jambi pada Selasa, 13 Juni 2023 dengan memberikan penghargaan dan plakat kepada sebelas perempuan berjasa dan berprestasi di setiap kabupaten di Provinsi Jambi. Acara tersebut dihadiri oleh Gubenur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH. Beserta jajarannya. Penghargaan ini menjadi momen yang tak terlupakan bagi para penerima dan masyarakat Provinsi Jambi secara keseluruhan. Dalam kata sambutannya, Haris mengucapkan kepada semua penerima penghargaan atas prestasi luar biasa mereka dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

“Keberhasilan perempuan ini adalah cerminan dari semangat perjuangan dan keberanian Kartini, yang terus menginspirasi generasi masa kin,” tuturnya.

OASE-KIM mengambil inisiatif dalam memberikan penghargaan ini untuk mengakui peran penting perempuan dalam pembangunan dan kemajuan Provinsi Jambi. Dengan penghargaan ini, OASE-KIM berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada perempuan lainnya untuk terus berjuang dan berprestasi dalam berbagai bidang.

Melalui pemberian penghargaan kepada Juliana, OASE-KIM ingin menghormati semangat perjuangan Kartini serta menginspirasi generasi masa kini untuk terus berprestasi dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Juliana meraih penghargaan ini sebagai bukti nyata bahwa perempuan dari berbagai latar belakang, termasuk suku Anak Dalam, memiliki potensi yang tak terhingga. Juliana telah menjadi teladan bagi perempuan lainnya, membuka jalan bagi kesetaraan dan kemajuan dalam bidang pendidikan.

Foto bersama. Dok. Pundi Sumatra
Juliana Bersama Ibu Bupati dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bungo. Dok. Pundi Sumatra