Bekampung di Kelukup Beradat ke Rimbo

Home » Bekampung di Kelukup Beradat ke Rimbo

Apa yang terlintas di pikiran kita ketika berbicara (atau membahas) mengenai Suku Anak Dalam (SAD). Selain kesan terbelakang, tertinggal, biasanya orang hanya akan mengingat kesan seram, atau tidak taat hukum, atau sesuatu yang penuh misteri, bahkan hal terburuk lainnya.

Padahal, jika kita mau menyelami dengan jujur ke dalam kehidupan mereka, banyak nilai yang diyakini, adat yang diikuti dan ditegakkan, yang pada akhirnya membuat kita terperangah. bahkan mungkin membuat malu, ketika menyadari bagaimana mereka menjunjung tinggi harkat perempuan, bagaimana perempuan beristri memuliakan suaminya aturan adat yang diterapkan kepada para muda mudi dan lain sebagainya.

Buku ini meski belum secara lengkap sudah cukup membantu kita membuka tabir informasi mengenai SAD yang bermukim di Dusun Kelukup, Desa Dwi Karya Bhakti Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo Provinsi Jambi tentu langkah awal ini harus pula diikuti kajian serius dan penulisan dengan baik terkait SAD.

Dan akhirnya kita pun akan sadar, bahwa mereka sama dengan kita: anak-anak bangsa yang harusnya punya hak yang sama terhadap berbagai akses dan pelayanan negara terhadap rakyatnya. Bukan warga negara kelas jauh yang kemudian hanya akan terpinggirkan dalam berbagai implementasi pembangunan.

Penulis                                :  Jhoni Imron

Penerbit                              :  SSS Pundi Sumatra

Tahun Cetak                      :  2020

Jumlah Halaman             :  142